7 Rekomendasi Kulit Sepatu Yang Berkualitas

Rekomendasi Kulit Sepatu Yang Berkualitas. Dahulu memakai bahan kulit binatang guna menghangatkan dan melindungi tubuh dari cuaca serta alam yang tidak bersahabat. Sekarang mengolah bahan kulit menjadi jaket dan sepatu karena bahan tersebut begitu hangat di tubuh. Selain itu, bahan kulit terkenal awet dan kuat jika dibandingkan bahan lainnya.

Produk sepatu merupakan salah satu bahan yang mengunakan bahan dasar kulit, menggunakan bahan dasar kulit untuk sepatu tentu jangan memilih bahan kulit yang tidak baik

Pada dasarnya, kulit sapi terbagi menjadi dua bagian besar yaitu Corium dan Grain. Serat kolagen pada bagian Corium karakternya tipis dan lebih fleksibel. Uniknya, semakin mendekati bagian Grain, kolagen semakin menebal, rapat dan kuat.  Bagian Corium dari sapi dewasa bisa menjadi sangat tebal. Itu sebabnya mengapa calf skin terasa lebih tipis, halus, dan lembut.Nah cukup banyak kan jenis jenis kulit, Di sini saya akan membagikan  kulit apa saja sih yang bagus dan berkualitas tinggi untuk sepatumu.

  1. Full Grain Leather

Full grain leather adalah bagian kulit yang memiliki grain/serat/urat kulit yang lengkap dan penuh. Ini adalah bagian terbaik dari kulit yang diambil dari bagian teratas kulit. Potongan kulit grade lainnya tidak ada yang memiliki full grain.

Rekomendasi Kulit Sepatu Yang Berkualitas Full grain merupakan kulit dengan durability dan ketahanan terbaik untuk digunakan. Produk dari full grain leather dapat digunakan untuk waktu yang sangat lama sehingga jahitan dari produk tersebut malah yang akan rusak atau putus duluan. Kulit bagian ini juga tidak dapat dirobek.

Karena kulit jenis Full grain leather sangat kuat maka sangat cocok untuk pemilihan bahan sepatu, karena sepatu membutuhkan jenis kulit yang sangat kuat tidak mudah rusak dan tahan lama. Jenis kulit semacam ini memiliki keunggulan yakni tahan lama, tidak mudah sobek, dan tidak mudah tergores. Makin tua usianya, maka semakin terlihat bagus dan membentuk patina jika dirawat dengan baik.

Bahan full grain leather memang memiliki harga yang sangat mahal. Tak heran memang karena kualitasnya nomor satu. Kendati demikian, kualitas produk yang memakai full grain leather pun terbilang tidak mengecewakan.

  1. Corrected

Corrected grain leather merupakan jenis kulit Yang memiliki permukaan tambahan atau buatan yang diemboss ke dalam. Untuk mengantisipasi cacat yang ada pada permukaan kulit, bahan tersebut harus di haluskan terlebih dahulu dengan mesin amplas kemudian di cat dengan mengunakan cat sintetis

Lapisan terbawah kulit adalah bagian yang disamak dari area Grain khususnya Grain/Corium. Jenis kulit ini mempunyai banyak sekali nama dan kadang memusingkan untuk kaum awam. Banyak orang menyebut bagian terbawah kulit ini sebagai ‘Genuine Leather’ tapi istilah ini digunakan tidak konsisten. Biasanya orang mengenalnya dengan kulit asli sebagai pengganti kulit imitasi. Ada juga yang beranggapan ‘Genuine Leather’ adalah kulit asli yang dicampur dengan bahan lain.

  1. Nubuck Leather

Nubuck adalah jenis kulit yang terbuat dari kulit sapi. Sama seperti suede, kulit nubuck diampelas untuk memunculkan semacam bulu (nap). Namun, jika suede dibuat dari bagian dalam kulit, nubuck dibuat dari bagian luar sehingga lebih kuat dan lebih awet.

Rekomendasi Kulit Sepatu Yang Berkualitas Bahan nubuck memiliki beberapa ciri khas yang wajib kamu tahu. Seiring bertambahnya tahun, kulit nubuck bisa mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap ketika basah namun akan kembali ke warna semula ketika kering. Bahan yang satu ini memiliki keunggulan lain yakni breathable. Jika dipakai sebagai bahan sepatu, maka sepatu tersebut akan sangat nyaman dipakai karena bisa melancarkan sirkulasi udara sehingga kaki tidak cepat panas dan tidak mudah bau. Kulit nubuck begitu halus dan juga tangguh. Diproses dengan cara apa pun, kulit nubuck tetap terlihat indah dan menawan.

  1. Split Leather

Split leather merupakan jenis kulit yang diambil dari potongan yang berada di bawah lapisan top grain. Permukaan kulit ini secara alami memang tidak sepadat dan sekencang jenis kulit full grain maupun top grain. Itulah mengapa biasanya jenis kulit split grain hanya digunakan sebagai pelengkap kulit lain.

Produk lain dari Split leather adalah Suede. Kulit ini diproses terbalik supaya mempunyai napped finish. Terkadang pabrik kulit memberikan synthetic finish dan tekstur folikel bulu untuk menyerupai Full Grain. Kulit ini dikenal dengan Finished Split. Banyak yang beranggapan bahwa kulit ini adalah kulit asli. Faktanya adalah, memang benar kulit ini asli namun tidak terlihat alami. Bahan ini adalah favorit para pengrajin sepatu untuk pembuatan sepatu kasual anak muda. Sayangnya, kulit ini lebih cepat kotor dan berubah warna jika terkena air. Selain itu, jahitannya pun mudah lepas.

  1. Vegetable-tanned Leather

Kulit nabati lebih dikenal dengan istilah vegetable tanned leather. Kulit jenis ini merupakan kulit sapi yang disamak dengan menggunakan bahan-bahan alami dari ekstrak pepohonan seperti kulit pohon, kayu, buah-buahan, dan akar sehingga limbah yang dihasilkan aman bagi lingkungan. Kulit nabati biasa digunakan sebagai bahan utama dalam membuat tas kulit, dompet kulit, sabuk kulit, dan lainnya.

Beda dengan kulit sapi yang disamak menggunakan bahan-bahan kimia – kulit nabati memiliki ciri khas  warna yang dihasilkan. Warna ini seringkali disebut warna kulit natural. Seiring waktu, dompet kulit sapi biasanya berubah warna karena berbagai faktor, seperti kelembapan tangan, suhu, juga paparan sinar matahari terhadap produk kulit.

Sinar matahari biasanya akan memudarkan dan mengusamkan warna kulit yang disamak dengan bahan-bahan kimia, tetapi untuk kulit nabati justru akan semakin menguatkan karakter warnanya. Dalam kasus tertentu kadang ekstrak nabati yang digunakan untuk menyamak kulit akan muncul sehingga memengaruhi variasi warna kulit. Membuatnya lebih unik, berkarakter, serta memberikan pengalaman baru bagi pengguna.

  1. Reconstituted

       Bonded leather adalah kulit potongan sisa yang tidak bisa digunakan untuk barang-barang dari kulit. Kemudian potongan kulit tersebut diparut halus dan diikat bersama menggunakan poliuretan atau lateks ke jaring serat atau lembaran. Jumlah kulit dalam campuran yang sebenarnya sangat bervariasi (dari 10% hingga 90%), dan dengan demikian mempengaruhi sifat fungsional dan estetika dari produk jadi. Kulit berikat sering dicat untuk memberi warna dan juga bisa ditekan atau dicetak timbul untuk memberikan tampilan gaya kulit atau motif tertentu.

  1. Shell Cordovan Leather

hell Cordovan Leather adalah salah satu jenis kulit terbaik dalam pembuatan produk dari kulit. Cordovan diambil dari kulit hialin pada bagian bokong kuda. Kulit ini sangat kuat dan tahan lama karena lapisan hialin mengandung serat yang padat. Sebenarnya lapisan ini menutupi seluruh bagian tubuh kuda tapi porsi paling banyak ada di bagian bokongnya.

Anda mungkin bertanya kenapa kulit kuda ini sangat mahal, bahkan sampai 7,5 juta hanya untuk sepasang sepatu. Dilihat dari penampilannya, Shell Cordovan memang terlihat mirip dengan jenis kulit sepatu lainnya yaitu berkarakter halus, mewah, berwarna burgundy, coklat, dan hitam. Tapi kulit ini mempunyai keunikan tersendiri yang membuatnya sangat  ideal untuk sepasang sepatu. Material ini juga langka dan proses penyamakannya sangat lama dan perlu keahlian dalam pengolahannya jika dibandingkan denga kulit sapi. Karena kulit ini terbuat dari connective tissue, karakternya adalah tidak akan berkerut, teksturnya sangat halus dan hampir tidak ada jejak folikel bulu kuda. Jika digosok, Shell Cordovan mempunyai kilau seperti cermin, menjadikannya kulit ini terlihat sangat mewah dan eksklusif.

Nah gimana apakah artikel di atas membantu anda dalam mengetahui jenis kulit, nah setelah tau jenis kulit yang di pakai oleh sepatu anda, anda juga harus tau tentang bagaimana cara merawat sepatu anda agar tahan lama dan terawat nah di setrikaareng.com menyediakan laundry sepatu dengan penanganan profesional dan terpercaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *